16Feb'08-Perbedaan itu Rahmat (2) - Petunjuk AQ

Assalamualaikum,
Alhamdulillah..ternyata kritik adalah guru yang paling baik..
disaat diriku dikritik di mailing list mualaf..itu adalah proses pembelajaran dari Allah.

Subhanallah, Allah mendengar doaku. Disaat, aku ikut majelis tafakuran, di sana, aku sempat memohon petunjuk-Nya, di dalam hati aku berdoa, Ya Allah, berilah aku petunjuk mengenai Rasulullah SAW.
Aku sering membuka AlQur'an secara random, membiarkan Allah yang memilihkan ayat2 yang kubutuhkan untuk saat ini.

Dan ternyata benar.. saat randomly kubuka kitab AlQur'an, yang terbuka adalah ayat mengenai PERBEDAAN ITU RAHMAT. Bukanlah sesuatu yang kebetulan.. AlQur'an setebal 600 an halaman, kenapa yang terbuka halamannya pas dengan PERBEDAAN ITU RAHMAT.
terimakasih ya Allah atas petunjuk-Mu.

Inilah surat2 AlQuran yang randomly kubuka kitab AlQur'an 4 kali :
Hud : 118-123
Jikalau Tuhanmu menghendaki, tentu Dia menjadikan manusia umat yang satu, tetapi mereka senantiasa berselisih pendapat, kecuali orang-orang yang diberi rahmat oleh Tuhanmu. Dan untuk itulah Allah menciptakan mereka. Kalimat Tuhanmu (keputusan-Nya) telah ditetapkan: sesungguhnya Aku akan memenuhi neraka Jahannam dengan jin dan manusia (yang durhaka) semuanya. Dan semua kisah dari rasul-rasul Kami ceritakan kepadamu, ialah kisah-kisah yang dengannya Kami teguhkan hatimu; dan dalam surat ini telah datang kepadamu kebenaran serta pengajaran dan peringatan bagi orang-orang yang beriman. Dan katakanlah kepada orang-orang yang tidak beriman: "Berbuatlah menurut kemampuanmu; sesungguhnya Kami-pun berbuat (pula)." Dan tunggulah (akibat perbuatanmu); sesungguhnya kamipun menunggu (pula)." Dan kepunyaan Allah-lah apa yang ghaib di langit dan di bumi dan kepada-Nya-lah dikembalikan urusan-urusan semuanya, maka sembahlah Dia, dan bertawakkallah kepada-Nya. Dan sekali-kali Tuhanmu tidak lalai dari apa yang kamu kerjakan.

An Nahl : 91-99
Dan tepatilah perjanjian dengan Allah apabila kamu berjanji dan janganlah kamu membatalkan sumpah-sumpah(mu) itu, sesudah meneguhkannya, sedang kamu telah menjadikan Allah sebagai saksimu (terhadap sumpah-sumpahmu itu). Sesungguhnya Allah mengetahui apa yang kamu perbuat.Dan janganlah kamu seperti seorang perempuan yang menguraikan benangnya yang sudah dipintal dengan kuat, menjadi cerai berai kembali, kamu menjadikan sumpah (perjanjian) mu sebagai alat penipu di antaramu, disebabkan adanya satu golongan yang lebih banyak jumlahnya dari golongan yang lain. Sesungguhnya Allah hanya menguji kamu dengan hal itu. Dan sesungguhnya di hari kiamat akan dijelaskan-Nya kepadamu apa yang dahulu kamu perselisihkan itu. Dan kalau Allah menghendaki, niscaya Dia menjadikan kamu satu umat (saja), tetapi Allah menyesatkan siapa yang dikehendaki-Nya dan memberi petunjuk kepada siapa yang dikehendaki-Nya. Dan sesungguhnya kamu akan ditanya tentang apa yang telah kamu kerjakan. Dan janganlah kamu jadikan sumpah-sumpahmu sebagai alat penipu di antaramu, yang menyebabkan tergelincir kaki (mu) sesudah kokoh tegaknya, dan kamu rasakan kemelaratan (di dunia) karena kamu menghalangi (manusia) dari jalan Allah; dan bagimu azab yang besar. Dan janganlah kamu tukar perjanjianmu dengan Allah dengan harga yang sedikit (murah), sesungguhnya apa yang ada di sisi Allah, itulah yang lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. Apa yang di sisimu akan lenyap, dan apa yang ada di sisi Allah adalah kekal. Dan sesungguhnya Kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang sabar dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan. Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan. Apabila kamu membaca Al Qur′an hendaklah kamu meminta perlindungan kepada Allah dari syaitan yang terkutuk. Sesungguhnya syaitan itu tidak ada kekuasaannya atas orang-orang yang beriman dan bertawakkal kepada Tuhannya

Az Zumaar : 17-21
Dan orang-orang yang menjauhi thaghut (yaitu) tidak menyembahnya [1311]"Thaghut" ialah syaitan dan apa saja yang disembah selain Allah s.w.t.

Allahuakbar..dini hari yang sunyi..minggu, 17Feb'08.. jam 3:23 pagi.. kucoba membuka AlQuran randomly..dan subhanallah, aku diberi peringatan lagi..alhamdulillah ya Allah.. ayat yang terbuka..nyambung lagi dengan surat Al Araaf : 86-87Dan janganlah kamu duduk di tiap-tiap jalan dengan menakut-nakuti dan menghalang-halangi orang yang beriman dari jalan Allah, dan menginginkan agar jalan Allah itu menjadi bengkok. Dan ingatlah di waktu dahulunya kamu berjumlah sedikit, lalu Allah memperbanyak jumlah kamu. Dan perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang berbuat kerusakan. Jika ada segolongan daripada kamu beriman kepada apa yang aku diutus untuk menyampaikannya dan ada (pula) segolongan yang tidak beriman, maka bersabarlah, hingga Allah menetapkan hukumnya di antara kita; dan Dia adalah Hakim yang sebaik-baiknya.
Terima kasih ya Allah, berkat petunjuk-Mu, lewat bukaan AlQur'an ini, membuat ku tersadar..untuk lebih berhati2 dalam mengucapkan statement2 yang mana aku bukanlah ahlinya. Ya allah, ampunilah dosaku, berilah aku petunjuk..ampunilah ya Allah.

Wassalam,
Eva

3 komentar:

ali_yess mengatakan...

Subhanalloh... i like this....

Anonim mengatakan...

ass.wr.wb
ibu ....
perbedaan itu rahmat apabila menggunakan ayat al quran yang ibu sampaikan bukanlah itu artinya....
ayat yang ibu sampaikan adalah bagaimana manusia itu berbeda pendapat dikarenakan tidak menggunakan alquran dan hadist dalam memberikan pendapat sehingga mereka sesat menyesatka.

sedangkan perbedaan itu adalah rahmat adalah hadist dan dalam Silsilah al Ahadits adh Dhaifah” (1/141) bahwa hadits “Perbedaan umatku adalah rahmat” tersebut tidaklah memiliki dasar.
Al Manawiy menukil dari as Subkiy, dia mengatakan bahwa hadits tersebut tidak dikenal dikalangan para ulama hadits dan aku tidak menemukan bahwa hadits itu memiliki sanad yang shahih, lemah atau maudhu’. Hal itu ditegaskan oleh Syeikh Zakaria al Anshariy didalam catatannya tentang “Tafsir al Baidhowi” (2/92). (as Silsilah adh Dhaifah juz I hal 134)

untuk menambah pengetahuan bacalah tentang hadist dhoif dan palsu

wasalam
tsatryo@

Eva Yulianti mengatakan...

@ali yess.. jazakallah..

@tsatyo..jika rasa kta yang bicara..maka semuanya rahmat, bro...salam silaturahim..jazakallah masukannya..

Diberdayakan oleh Blogger.

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "