Kisah eve dengan semut


Alhmdulillah ya Allah kumasih mampu menuliskan kisahku dengan semut
Sampaikanlah sholawat beriring salam rindu kepada baginda Rasulullah saw

Aku sungguh menyayangi semut, makhluk kecil yg imut2. Itu karena terinspirasi kisah nabi Sulaiman yang sayang kepada semut, dan binatang2 lainnya. Hingga beliau selalu menundukkan kepala disaat berjalan, karena takut ada semut yang terinjak. Sungguh, amalan ini bukanlah sembarangan. Ustadz Yusuf Mansur juga menjadi seorang kiyai kondang karena diawali ia menyayangi semut saat di penjara. Semut dikasih makan roti, dan setelah itu beliau mendapat ibroh tentang ilmu shadaqah, yang membawanya hingga mendapat nobel. 

Sedang diriku bukan siapa2. Aku hanya menyayangi mereka, sungguh. Demi Allah. Anak2 juga sayang sama semut, kadang kami beri ia nasi atau gula, dan lucunya melihat mereka membawanya. Kamipun tidak mau spontan menginjak semut, karena mereka tetaplah makhluk Allah walau kecil imut2, kita akan mempertanggungjawabkan di mahkamah Allah nanti, karena telah menyakiti mereka tanpa sebab.

Dalam waktu santai, kadang aku tidur di lantai, sambil mengamati dan berbicara dengan mereka. Mereka teman yang menyenangkan. Semut, kamu lagi ngapain? Aku lagi jalan. Sempat diri ini bertafakur, "siapalah yang menggerakkannya, makhluk sekecil ini bs bergerak" Itu Allah ma. Dia yang menggerakkan aku. Klo lg begini, kamu mau ga dibunuh? Ga dong. Aku ga mau dibunuh secara membabi buta. Aku maunya dibiarin aja. Kecuali jika aku mengganggu kalian, boleh kalian membunuhku, Allah ijinkan. Tapi aku mau bilang, bahwa aku ingin kalian menyayangi aku sebagaimana kalian menyayangi manusia yang lain. Aku mau nanti kalian mengikuti seperti Eva, jalan dengan menundukkan kepala takut aku terinjak. (Bukankah rasulullah juga mengajarkan kita untuk menundukkan pandangan, walau tujuannya agar menjaga syahwat..jadi klo menundukkan pandangan dpt 2 deh tujuannya..subhanallah). Bisa jadi, amalan itu membuat kalian masuk surga jika didasari karena kasih sayangNya. Jadi, aku senang ditanya ini. Karena aku selama ini terzolimi oleh manusia. Jika aku mengigit sakit, itu adalah kehendakNya bukan kemauanku. Percayalah nanti banyak amalan-amalan yang 'agak sesuatu', tapi bisa menolong kalian masuk surga.

Wallahualam bissawab
Subhanakallahumma wabihamdika
Asyhadu alla ilaaha illa anta
Astaghfiruka wa'atubu illaik

0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "