Kepergian Coco...teman kecilku...

Alhamdulillah ya Allah, jari jemari ini masih bisa menuliskan kisahku tentang kepergian Coco, teman kecilku.
Sampaikanlah shalawat beriring salam kepada baginda Rasulullah Saw, sosok mulia yang begitu menyayangi binatang...Allahumma sholli alaa sayyidina muhammad..

Kemarin sore, tanggal 7 Maret 2012, adalah hari berduka buat kami. Coco, teman kecil kami, hamster kami yang lucu, pergi meninggalkan kami tuk selama-lamanya.

Senja menjelang, tiba-tiba asisten kami berkata, "bu, ada yang meninggal, ada yang meninggal". "Siapa yang meninggal" tanyaku dengan hati cemas. "Coco bu, tadi dia mau dikasih makan jagung, ternyata sudah meninggal". Kupegan ng tubuhnya yang sedang gemuk menggemaskan, sudah terbujur kaku, sama ya Allah, seperti manusia jika tidak bernyawa, terbujur kaku, tak ada lagi nafasnya, karena sudah dicabut nyawanya dan berpulang kepada Engkau.

Kemudian kami bergegas menguburkannya. Anak-anak termasuk anak tetangga ikut serta dalam proses penguburannya. Sengaja kuajak mereka, sebagai penghormatan terakhir buat Coco dan agar mereka berempati pada makhluk Allah tidak hanya manusia, tapi juga binatang. Ada yang mengambil bunga, ada yang mengambil batu, ada pula yang mengamati proses penguburannya. Sempat kutanya dalam hati, "apa kamu butuh dibungkus Co". Subhanallah, ternyata ia menjawab, "tidak ma. Aku tidak perlu seperti manusia. Aku hanya ingin dikubur di tanah saja".
Saat dikubur, kumenangis meleleh-leleh, begitu banyak kisah dengan nya. Kami semua sayang sama Coco walau suka menggigit hamster yang lain, tapi sama kami jinak. Coco bilang, "mama jangan salahkan aku jika mengigit Cici. Aku tidak jahat lho ma. Yang kulakukan adalah kehendak Allah". Teringat saat pasangannya Cici meninggal, kutanya, "Kamu ga apa-apa Co sendirian, tanpa pasangan?". Lalu Coco menjawab, "tidak apa-apa ma. Aku ada Allah. Aku kuat kok sendirian. Coco sendirian aja, nanti Coco mengigit lagi". Co, dirimu sendirian, Allah yang menguatkan. Begitu banyak kisah kita Co, dengan segala tingkah polahmu yang begitu lucu, kamulah yang suka menghibur aku, apalagi disaat terasa sakit pundak, leher dan tanganku. Aku duduk di depan kandangmu, kita berbicara selepas-lepasnya. Kadang kuajak kau bermain, keluar kandangmu, aku begitu menikmatinya Co. Lewatmu, begitu banyak tanda-tanda kebesaran Allah, aku kehilanganmu Co.. namun kusadari kamu bukan milikku, Allah lah yang memilikimu, aku hanya dititipkanNya. "Maafkan aku Co, jika masih kurang amanah mengurusmu, maukah kamu maafin mama". Iya ma, Coco mau maafin mama, tapi mama jangan bersedih, karena Coco sudah sama Allah. Coco bahagia disini. Coco akan selalu sayang sama mama. Bagaimana rasanya disaat Allah mencabut nyawamu Co? Rasanya tenang ma, Coco bahagia banget bisa ketemu Allah. Tapi kamuga ditanya ya seperti manusia, tidak ma.. Coco tidak ditanya seperti manusia, tapi hanya bertemu Dia. Dia bilang Dia sayang juga sama semuanya. Coco mau mama bisa mendapatkan apa yang mama inginkan, bertemu dengan Dia, yang sangat mama rindukan. Coco akan mendoakan mama. Terimakasih Coco, istirahatlah dengan damai dalam kasih sayangNya, titip salam rindu untukNya ya.. Iya ma, Coco akan menyampaikannya. Coco nanti akan bersaksi bahwa mama sangat menyayangi Coco.

Hamster kami yang ada  Lili, Jacky, dan..Coki masih menanti kasih sayang kami...semoga bisa amanah dengan titipanMu ini ya robb.. Laahawla walaa quwwata illa billah..

Wallahualam bissawab
Subhanakallahumma wabihamdika
Asyhadu alla ilaaha illa anta
Asytaghfiruka wa'atubu illaik

7 komentar:

Anonim mengatakan...

Assalamu'alaiykum

sepertinya ibu sudah dalam sekali, mengenai ilmu ketauhidan, sepertinya sudah pencapaian Laila..
lalu akan di teruskan menjadi ilallah.
tak ada engkau aku dan yang lain kecuali hanya Allah Tuhan semesta.

ada nya cipta itu menandakan adanya yang mencipta, namun kalaupun tiada ciptanya maka dzatnya tetaplah ada.
semoga kita semua di tunjukan pada jalan mereka orang-orang yang di beri anugrak nikmat. dan bukan pada mereka yang di murka dan di sesatkan. :)
Allahumma Aamiin.

Eva Yulianti mengatakan...

@anonim
jazakallah khairan katsiira ...saudaraku... subhanallah..mhn bimbing saya agar tdk sesat.. sebenarnya saya ini ibarat balita ngerengek terus sm ibunya..begitulah..cuma itu yg saya bisa.

semoga Dia senantiasa memberi jalanNya yg lurus...ihdinasysyirotholmustaqiim.. yg diridhoiNya..amiin..lahawla walaa quwwata illa billah..

Eva Yulianti mengatakan...

mhn maaf, sebagai seorang muslim..saya blm menjawab salam...wa'alaikumsalam wr. wb.

Anonim mengatakan...

Subhanallah :)
memang ibu ini sangat teliti dan perasaannya halus, subhanallah..
terimakasih bu.

Eva Yulianti mengatakan...

@anonim
alhmdulillah.. semua kembali pdNya..saudaraku..yg baik2 dtgnya drNya..yg buruk2 dr kekhilafan saya..

WalkinGirl mengatakan...

Eva, hamster gue juga ada yg "hilang" kmarin pas tgl 22 Juli 2012... Namanya Tom (nama lengkapnya Major Tom). Sedih gue, dia kayaknya udah sakit sejak lama, tp gue nya ga ngeh, gue pikir dia baik2 aja... baru ketauan pas dia udah tak bernyawa, ternyata ada yg salah dengan badannya... Hamster gue satu lagi, Ziggy, malam itu gelisah sekali, sampai gue kuatir. Jadinya sebelum tarawih dan nyiapin sahur, gue ajak maen Ziggy suoaya dia bisa rada tenang...

Eva Yulianti mengatakan...

@walkin girl
Mereka itu makhluk TUhan yang perlu disayang...semoga kasih sayang Allah meliputi kita semua, penduduk bumi langit dan seluruh isinya.
AMalan2 kepada binatang ga bisa diremehkan; bisa jadi itu yg mbuat kita ke surga...wallahu alam bissawab..

Diberdayakan oleh Blogger.

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "