Berikut Review Auladi Parenting School Hari I..mumpung masih fresh..biar terbenam di diriku yg labil ini..:-)
Apa tujuan kita menikah?
Kadang kita saat ditanya tujuan, suka bingung.. maklum klo aku ditanya kenapa married, karena cinte..hehehehe..
Kllo ditanya, siap nikah ga? Siap sich..tp siap ga jadi orangtua?
Wah..ini nich..seandainya ada pre-parenting school kyk begini sbelum nikah, mungkin aku bisa lebih siap.
Tp lebih baik terlambat, daripada tidak sama sekali.
Apakah benar bhw seorang ibu RT yg tidak bekerja bisa dipastikan dekat dgn anak?
Menjadi ibu RT tanpa bekerja bukanlah berarti kita ini dekat dgn anak, karena begitu banyak ibu RT yg hanya bersama anaknya di rumah, tp tdk ‘mengajak anaknya berbicara, tdk mendampingi anaknya, melakukan aktivitas sendiri2”.
Saat di pelatihan, ditanyakan anak itu banyak memberi atau menerima?
Sebagian besar peserta merasakan pada saat ini (bukan idealnya) menjawab anak itu banyak menerima (hehehe, tmsk aku)…dan itu artinya kita ini tanpa disadari merasakan bahwa anak itu beban..
Saat ditanyakan karakter apa yg diinget ttg anak? 80% peserta ingetnya yg ‘nyebelin’ aja ttg anak (hehehe..tmsk aku..) tp suamiku tnyt inget ttg senyumnya..hehehe..kok aku ingetnya ttg yg ‘nyebelinnya’..yahh..itulah kenyataannya.
setelah direnung2kan, bener juga ya… coba klo kita berapa lama dech.. 1 jam aja ga denger suara anak2…bikin kangen. Bayangkan suara anak2 pun menyelesap di dalam hati…rasanya ga usah ditanyakan..ternyata itu adalah tanda bahwa anak itu banyaknya memberi.
Jk aku flashback ttg anak…lwt ujian ‘ttg anak’ ini aku menemukan banyak hikmah kehidupan sbg proses pendewasaan… & so on & so on lahhh..
Setiap anak mempunyai potensi berbuat baik. Tp kadang sebagai ortunya, suka tertutup dg kejelekan2nya.
Master trainernya bilang bahwa stp anak itu punya keunikan.
Apakah anak pemalu itu jelek? Ternyata seorang anak yg pemalu itu mempunyai perasaan yg sensitive, pengamat ulung…dan sangat hati2.
Bagaimana dg anak periang? Lucu, mudah bergaul, tapi kehati2annya kurang..
Apa yg kita inginkan terhadap anak kita?
Percaya diri? – penuh motivasi? Taat & patuh ortu? Berprestasi? Bahagia?
Jk kutanyakan pd hati kecilku… aku ingin anakku mjd org yg bahagia… krn bahagia itu udah all in dech..bahagia itu ga bergantung dg materi yg didapat, prestasi dunia yg di peroleh..bahagia itu kaya jiwa. Tp kdg..klo Cuma pengen..tp ikthiarnya kurang..kumaha euy (itulah aku yg suka moody).
Survei membuktikan bahwa ternyata perilaku anak itu asalnya didominasi dari pola asuh di rumah..bkan di sekolah. Jadi mmg ga bisa nyalahin ke guru, kok tiba2 anakku begini..begitu..tp tnyt jauh lbh byk akar permasalahannya mmg dari rumah. Wahh…aku bnr2 tertohok..
Aku jadi teringat filosofi ikan laut..kenapa ikan laut ga asin? Padahal air laut asin? Ternyata karena ikan laut punya perisai..shg air laut ga bisa masuk ke tubuhnya..
Jadi seorang anak yg ‘udah punya benteng yang kuat dari rumah’ saat di sekolah mah..udah santai aja. Tp klo benteng dari rumahnya bolong2, mudah sekali terserang persepsi lingkungan yg ga bener..
Tp masalahnya.. bagaimanakah cara membuat anak bisa menjadi yg kita inginkan?...
- Ngomel?
- Menegur?
- Tiada hari tanpa hukuman?
Ternyata kebanyakan orangtua sukanya :
- Menyalahkan, menyalahkan, dan menyalahkan
- Memberitahu, memberitahu dan memberitahu
- Menasehati, menasehati dan menasehati
- Marah, marah dan marah..
Kita boleh saja menolak atas judgement ini.. tp klo direnung2kan.. tanpa sadar tnyt mmg yg keluar hobinya ngebawelin anak. Anak kepinginnya didengerin,ehh..malah diceramahin..wah, berabe juga yahh kalo anak jd ga comfort sama ortunya utk cerita… (cerita ke mama, cape’ dech…)..
Tanpa disadari…banyak ortu menjatuhkan harga diri anaknya di rumah.
Yang aku bikin nangis itu..saat digambarin otak anak yg banyak distimulasi dan yang tidak distimulasi.. Cabang2 neuron sarafnya lebih banyak dan terjalin lebih dekat…
Penelitian di Amerika telah membuktikan… peneliti itu berusaha meneliti struktur otak seorang anak..disaat distimulasi positif … sel saraf baru tumbuh bermunculan.. tp tanpa disengaja kemudian kabel2 terlepas membuat anak tsb terkejut..peneliti itu kaget..saat itu pula ratusan ribu sel2 saraf yg putus..
Jadi mmg saat kita bertindak ‘keras’..ngagetin… ngebentak..melotot aja.. itu artinya ada sel2 saraf yg putus..gara2 orangtuanya yg kalah sama nafsu amarahnya.
Boleh2 saja aku mendidik anak dg caraku sendiri…tapi aku tidak berhak untuk merusak otak anak.
Banyak orangtua beranggapan bahwa jalan pintas utk mengatasi masalah adalah dengan membuat anak takut dan jera. Tp ternyata hal2 tersebut malah ‘merusak’ anak kita.
Apakah yg kita lakukan di rumah? Berapa jam dalam sehari kita bicara dgn anak kita…. Boleh jadi kita sudah memenuhi segala kebutuhan fisiknya? Tp bagaimana dg makanan jiwa nya?
Broken school vs Broken Home.. survey membuktikan bhw tnyt broken home impactnya lebih buruk daripada broken school…
Saat peserta ditanya…ttg definisi belajar?
Sebagian besar membayangkan belajar itu akademis..nilai..dll..
Pdhl tnyt dari saat anak kita itu di dalam kandungan (sktr 4bln) sdh memulai proses pembelajaran…. Apakah belajar itu harus serius kyk disekolahan? Belajar bisa dimana aja.. aku bnr2 tertohok… krn mmg pola didik warisan lebih kearah akademis..ditarget juara..jd lah diri ini seorang penghafal..hitungan oriented..tp jiwa ga ngisi…
Apakah arti belajar (Meanof Learning) ?
Selama ini klo ngajarin anak..apakah diri kita ini cenderung mberikan ‘pesan yang merendahkan (menjatuhkan harga diri anak)’ atau ‘pesan yg meninggikan’.
Saat ditanya kenapa meminta anak belajar?....dapat gelar..dapat nilai..supaya pintar…spy dpt berilmu..
Mana yg dipilih… rajin belajar? Atau suka belajar (karena kebutuhan) ? Paradigmaku belajar itu rajin..tnyt mmg yg lbh membuat anak itu enjoy yng ‘suka’.
Sebagian bsr ortu mengharapkan anaknya ‘bisa baca’ tp anak ga dibuat menyukai buku….
Percuma klo anak udah bisa baca, tp blm menyukai buku.
Bisa baca AQ atau suka dgn AQ…
Suka sama TV atau suka sama buku…
Mengapa melakukan kekerasan pada anak disaat belajar?
Karena tuntutan pada anak terlalu tinggi.. persepsi belajar tidak tepat.
Belajar yang baik adalah belajar yng melibatkan fisik, pikiran, dan emosi…
Jika membayangkan otak manusia… di otak kita dibagi menjadi 3 bagian..otak Mamalia, otak reptile atau otak cortex selebrum (berfikir)
Bayangkan jika diriku memberikan informasi ke anak ke otak mamalia, dgn emosi positif..maka akan smp ke otak berfkir.
Tp klo diriku dg emosi negative…maka akan smp ke otak reptile (membela diri)…
Sbg intermezzo.. bTw.. tnyt..pria itu jatah bicaranya 12.000 kata per hari… wanita jatah bicaranya 25.000 kata per hari…
Hehehe.berarti wajar klo suamiku ga suka ngomong..krn udah pake utk ngomong di kantor..udah gitu mmg orgnya ga suka byk cerita..:-)
Cara anak belajar?
Mengamati
Uji coba
Meniru
Melakukan
Mengalami
Kaki pendukung belajar?
Merangsang naluri keingintahuan anak
Berpihak pada anak
Melibatkan anak
Menyenangkan anak
Pintu masuk belajar?
Tebak2an..
Pola asuh yg salah.. TV ditaruh ditempat yg nyaman..pdhl TV kudu ditaruh di tmpt dimana dia ga nyaman nontonnya..hehehe..boleh jg ditiru.
PEMBODOHAN / PENCERDASAN ANAK DIMULAI DARI HAL SEKECIL APAPUN.
- klo anak lg mainin air di keran..wah peluang nich..
- klo anak lg mainin bedak... "naikkan..cegah"..peluang...ngebedakin kita..
- klo anak pingin main pisau... arahkan..biar dia ga penasaran..bayangkan klo saat
ga ada kita mau coba2..mendingan sekalian ada kita..
- klo anak pingin bersih2...suruh merawat sepedanya masing..
HATI2... ANAK2 lebih banyak bekerja dengan bawah sadar (yang sudah dilihat, didengar, di lingkungan) --> peniruan!!
klo yg bagus ditiru sich oke.. tp klo yg ga bagus..diikutin..gaswat!!
Perkataan ortu akan membuat konflik dalam pikiran anak...
INKONSISTENSI ..
inilah cerminan diriku.. pantas saja anakku pernah mengalami temper tantrum..amukan..teriakan dll..krn diriku sbg ortu tidak konsisten dalam menjalankan aturan dalam rumah.
Hal-hal negatif...yang diekspose terus...bisa menjadi patokan kebenaran..
TANPA KUSADARI..UCAPANKU MELEMAHKAN ANAKKU.
INKONSISTENSIKU MEMBUAT ;
- KATA TIDAK TIDAK ADA ARTINYA (SAAT NGERENGEK MINTA DIBELIIN ES KRIM..AKU BILANG TIDAK..KRN RENGEKAN MAKIN KERAS..KUKASIH..)
- TIDAK = MINTA LAGI
JIKA TERPAKSA KUGUNAKAN ANCAMAN..GUNAKANLAH ANCAMAN YNG RASIONAL..
CONTOH ANCAMAN GA RASIONAL..
klo ga mau ngerjain sempoa..ga usah ikut ya makan bakso (pdhl ga mungkin..krn dia ga mungkin ditinggal sendiri)...
klo mukul Ade..tinggal di hutan aja ya.. tidur di luar aja ya..(kita ga mungkin tega)..
Begitu banyak..aku menyalahkan Dimas jika mulai berantem sama adiknya.. pdhl tnyt tanpa kusadari aku telah menjatuhkan harga diri anakku..bagaimana dia bisa menjadi pribadi yg percaya diri.
AKu belum menjadi advokasi anakku disaat ia dihina temannya..direndahkan temannya..
malah aku tambah menjatuhkan harga dirinya (contoh : saat takut berenang di kolam dalam)..aku malah tambah menjatuhkannya..
SEBELUM BERTINDAK..SAAT ANAK 'JD UJIAN'... HARGAI DULU...BARU CEGAH..(KONSISTEN)
Terima kasih ya Allah..Engkau masih MEMBERIKU KESEMPATAN MEMPERBAIKI DIRI..
YA ALLAH, IJINKANLAH HAMBA MU YG DHOIF INI...MEMPRAKTEKKAN ILMU YG SUBHANALLAH INI BERHARAP ENGKAU RIDHO TERHADAP APA YG AKU LAKUKAN...
YA ALLAH..TANPA BIMBINGAN-MU.. ujian anak ini serasa berat..
hanya DENGAN BIMBINGAN-MU YA ALLAH.. aku mampu bangkit lagi..berusaha menjadi ibu yg sdkt lebih baik semata2 berharap ridho-Mu ya Allah.
Ya Allah..begitu banyak dosa yg telah kuberbuat terhadap anakku.
apakah engkau sudi mengampuni aku ya Allah?
Ya Allah... bantulah aku utk lebih serius dlm fokus mendidik anak2ku.. sebagaimana dulu aku mampu serius kuliah dg target demi target yg kugapai..
Ya Allah..tunjukanlah mana lagi kelemahan2ku..lbh baik sekarang..drpd saat ajal menjemput aku tak mampu lagi merubah diriku ini ya Allah..
Ya Allah... selama ini aku telah menyia2kan anugrah terindah dari-Mu ya Allah...
ampunilah dosaku berilah aku petunjuk jalan-Mu yang lurus..yg Engkau ridhoi..dan bukan Jalan yng Engkau murkai..dan bukan pula jalan orang yg sesat..
AMiin ya robbal alamiin..