Syahadat dengan rasa bahagia


Alhamdulillah, segala puji hanya milikMu atas semua karunia dariMu yang kuketahui dan tak kuketahui
Sampaikanlah shalawat beriring salam kepada baginda Muhammad saw..dari hambaNya yang dhoif ini.

Islam dengan rasa? Apakah ada rasanya berislam? Masih biasa2 saja, hambar atau bahagia yang terus berkepanjangan. Apakah sudah merasakan indahnya berislam?

Allah menganugerahkan akal untuk berfikir dan hati untuk merasakan. Marilah kita tafakuri makna berislam dengan rasa bahagia di hati kita. Sebagaimana di surat Al Baqarah:38, "...barangsiapa mengikuti petunjukKu tidak ada rasa takut pada mereka dan mereka tidak bersedih hati." Ya, tiada rasa takut tiada rasa sedih, dengan kata lain adalah bahagia. Apalagi disebutkan pada surat Hud:108, "Dan adapun orang-orang yang berbahagia, maka (tempatnya) di dalam surga...". Dengan kata yang singkat Dunia Bahagia Akhirat Surga (DBAS), singkatan ini untuk sekedar mempermudah, terimakasih guru, atas ilmu darimu yang subhanallah ini. Sudahkah kita dengan menjalankan rukun Islam merasa bahagia?bahagia yang immateri, hanya rasa bahagia itu sendiri yang merupakan anugerah dariNya.

Untuk mendapatkan DBAS jelaslah butuh perjuangan. Mengikuti petunjuk Allah dengan kata lain taat padaNya. Apakah taat itu mudah? Taat itu tidak mudah karena adanya provokasi dari nafsu dan setan dari depan belakang kiri dan kanan. Bagaimana cara kita untuk memudahkan agar lebih taat? Adalah dengan tafakur. Tafakur adalah mensimulasikan akal untuk berfikir dan kalbu/hati kita untuk merasakan. Islam yang ditafakuri akan menelurkan rasa bahagia yang mengalir terus hingga alam keabadian.

Rukun Islam pertama, membaca dua kalimat syahadat. Asyhadu alla ilaaha illallah, wa asyhadu anna muhammadarrosulullah. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah. Rasakan syahadat kita, ucapkan dengan hati tidak hanya di mulut. Pejamkan matamu, asyhadu alla ilaaha illallah, rasakan Dia, buanglah illah di hati selain Dia, seperti harta, pangkat, jabatan, suami, anak dan semuanya yang memang bukan milik kita tapi dititipkanNya pada kita. Illah di hati tidak boleh yang lain selain Dia. Yang lain adalah sarana menuju Dia. Jika tidak, maka hati kita akan sengsara, syahadat kita jadi tidak berasa bukannya bahagia. Karena illah selain Allah bercampur denganNya. Pejamkan terus mata kita, teruskan syahadat kita, wa asyhadu anna muhammadarrosulullah. Rasakan nabi kita yang mulia Muhammad saw, rasakan kemuliaan beliau, rasakan kasih sayang beliau pada sesama, apakah suritauladan kita adalah beliau? Jika terus merasakan, lelehan airmata tak terbendung merasakan kebahagiaan.. terasa dekat dengan Nya dan rosulNya.

Dalam sehari, Allah mewajibkan kita bersyahadat 9 kali di dalam 5 waktu sholat fardhu. Bersyahadat dalam sholat adalah ultimate, prime time, yang seharusnya adalah ucapan sakral dengan penuh kebahagiaan padaNya.
Restatement berulang-ulang diucapkan di hadapan Allah, yang seharusnya sudah ribuan kali kita sholat sudah bahagia luar dalam. Namun pada kenyataannya masih sebatas di bibir..astaghfirulahal adzim..lahawla walaa quwwata illabillah..

Rasulullah bersabda, " Amal perbuatan yang paling disukai Allah adalah amal yang dilakukan terus-menerus walaupun sedikit ". Marilah kita bermujahaddah tuk memperbaiki syahadat kita sedikit demi sedikit, agar syahadat kita adalah syahadat dengan rasa bahagia yang berkelimpahan karena terasa dekat denganNya dan RosulNya, Dunia Bahagia Akhirat Surga.

Lahawla walaa quwwata illabillah
Wallahualam bissawab.
Subhanakallahumma wabihamdika
Asyhadu alla ilaaha illa anta
Astaghfiruka wa'atubu illaik.

3 komentar:

Zaki mengatakan...

Alhamdulillah, saya masih muslim dan akan muslim mpe mati, insya Allah,,,

Bindus mengatakan...

Saya juga muslim kok,,,

:D,,,

Eva Yulianti mengatakan...

@Zaki @Bindus
amiin..semoga Allah memberi jln yg lurus tuk menjadi muslim sejati..sungguh bersyukur mjd seorg muslim..
slm silaturahim ya...makasih sdh mampir di blog sdrhana ini..

Diberdayakan oleh Blogger.

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "