Dosa Luaran Dosa Dalaman


Alhamdulillah ya Allah.. Atas semua karuniaMu baik yang kuketahui tak kuketahui..yang terkatakan dan tak terkatakan
Sampaikanlah shalawat beriring salam kepada nabi besar Muhammad SAW kekasihMu yang termulia disisiMu

Tulisan ini kutulis berdasar pengamatan, pengalaman, rasa dan setetes ilmu dariNya..untuk muhasabah diri dengan tujuan taqorrub ilallah.. dan terus semangat bermujahaddah menuju perjalanan pulangku kepadaNya. Bagi yang berbeda pemahaman, sudilah memaafkan, perbedaan itu rahmat.

Sebagai seorang hambaNya yang dhoif, diri ini tak luput dari kesalahan. Hari demi hari jika tidak aware, begitu banyak dosa demi dosa yang diperbuat. Dosa demi dosa berlalu, hari akhir semakin dekat. sudahkah diri ini terus memperbaiki diri?

Pada kesempatan kali ini, ijinkan aku memecah pemahaman dosa menjadi dua, dosa luaran dan dosa dalaman.
Apa itu dosa luaran? Dosa luaran itu dapat terlihat dan lebih mudah dievaluasi, seperti contohnya tidak memakai jilbab bagi kaum muslimah', tidak melaksanakan sholat fardhu, tidak menunaikan zakat, tidak menjalankan puasa dan dosa maksiat syariat lainnya. Sedangkan dosa dalaman itu yang secara kasat mata tak terlihat tapi ada di hati kita seperti sifat iri/dengki/hasad dan sombong/angkuh. Dosa dalaman ini tidak kelihatan tapi bisa menjadi bahaya laten yang lama2 membesar tanpa kita ketahui.

Sekarang kita ambil contoh dosa luaran, yaitu tidak memakai jilbab. Di Alquran surat Al Ahzab : 59 yang artinya :“Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin, hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Dan ternyata perintah berjilbab tidak hanya ditegaskan sekali saja, namun masih ada ayat lain yang juga memperkuat hukum berjilbab :
“Dan katakanlah kepada para wanita yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya….” ( QS. An-Nur: 31)

Kaum muslimah dengan berbekal 2 ayat ini seharusnya menggunakan jilbab. Bagaimana jika tidak? Sebagian mereka beralasan yang penting hatinya. Ada bilang belum siap so tunggu hidayah datang. Apa benar tunggu hidayah datang? Atau menjemput hidayah, karena menurut surat Ar Ra'd 11 Allah tak akan mengubah suatu kaum jika kaum itu tak mau berubah.

Sesungguhnya dibalik perintah Allah itu terdapat cintaNya. Dia mewajibkannya karena Dia mencintai hambaNya, untuk kebaikan di dunia dan di akhirat.

Apa benar yang penting hatinya (dalamannya)? Klo menurutku luaran itu penting juga, luaran yang diridhoiNya. Ada hikmah swaktu berhaji disaat ihram, Allah memerintahkan kita untuk "menyempurnakan" penampilan kita sebelum melakukan ritual haji diantaranya menutup aurat dengan sempurna. Hikmah yang kurasakan untuk 'bertemu denganNya" mendekatkan diri padaNya perlu "menyempurnakan" penampilan kita, agar tampil terbaik buatNya. Jika Allah senang, Dia akan senang kita berada dekat denganNya. Subhanallah.. So why not wearing jilbab ukhti? Biar semakin dekat denganNya.

Begitu juga perintah Allah lainnya seperti sholat, zakat, puasa, dll..semuanya buat kebaikan kita..semuanya tanda cintaNya, dengan merasakan Dia. Jika bisa merasakan Dia dalam menjalankan perintah syariat dariNya, semua jadi nikmat semua jadi kebutuhan tidak lagi hanya sebatas kewajiban.

Kembali ke masalah hati. Didalam hati itu, juga ada penyakit hati itulah dosa daleman, berbahaya laten karena ga dapat dilihat tapi harus merasakan. Diantaranya iri/dengki/hasad dan sombong. Dalil mengenai sombong adalah sebagai berikut:
“Negeri akhirat itu Kami jadikan untuk orang-orang yang tidak ingin menyombongkan diri dan berbuat kerusakan di (muka) bumi. Dan kesudahan (yang baik) itu adalah bagi orang-orang yang bertakwa.” (QS. Al Qashash:83)

“Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri. “ (QS. Luqman:18)
Dari Abdullah bin Mas’ud ra dari Nabi Muhammad saw, beliau bersabda: “Tidak akan masuk sorga orang yang di dalam hatinya ada sifat sombong walaupun hanya sebesar atom.”
“Kemuliaan adalah pakaianKu dan sombong adalah jubahKu. Siapa yang mengambil sedikit dari keduanya akan Ku adzab.”  -  hadist Qudsi
Jika dirasakan Allah sungguh tak menyukai hambaNya yang sombong dan tegas ganjaran dariNya.
Dalam kehidupan sehari2 jika tidak aware akan makna sombong, bisa-bisa kita terjeblos di dalamnya. Merasa lebih hebat dari yang lain, meremehkan orang lain bahkan menghina orang yang tidak memiliki kelebihan yang ia miliki.

Begitu juga dalam kehidupan beragama, hingga kita sebagian kaum muslimin tanpa sadar merasa berbangga dari agama lain. Tanpa sadar merendahkan agama lain. Padahal kita bukan Tuhan, yang bisa menjudge mereka menjadi ahli neraka. Semua adalah rahasiaNya..kita sebagai makhlukNya seharusnya saling berkasih sayang; walau berbeda tapi tetap satu yaitu sama2 makhlukNya.
walau agama islam adalah agama yang diridhoi Allah, bukan berarti kita menganggap rendah agama lain. Ya Allah, jadikanlah kami hambaMu yang jauh dari sifat sombong dan selalu berkasih sayang dengan semua makhlukMu dibumi langit dan seluruh ciptaanMu.

Segala materi yang kita miliki baik berupa kekayaan, kepandaian, kecantikan, kedudukan, jabatan dll bisa menjadikan suatu kebanggaan yang berlebihan sehingga menimbulkan sifat sombong. Padahal semua ini adalah titipanNya bukan milik kita. Ingatlah hadits nabi "kibr (merasa diri lebih hebat), jangankan surganya baunya saja ga tercium." Bagaimana cara menghilangkannya? Manusia diberi alarm jiwa olehNya. Seperti yang ada di Alquran Albaqarah 38 "barangsiapa mengikuti petunjukKu, tiada ia takut tidak pula bersedih hati". Disaat tidak mengikuti petunjukNya alarm jiwa berbunyi. Disaat merasa sombong, segeralah beristighfar kepadaNya dan gunakan doa sebagai senjata (HR doa adalah senjatanya orang mukmin). Ya Allah, ampunilah dosaku yang ada sifat sombong. Lahawla walaa quwwata illabillah. Selain itu, disaat berjalan tundukkan pandangan sehingga frekuensi sombong yang letaknya di frekuensi tinggi (di kepala) menjadi turun ke frekuensi tawadhu, di dada sehingga hanya merasakan Allah dan alam semesta yang ada di sekitar kita.

Bagaimana dengan hasad/iri dengki.
“Jauhilah iri dengki. Karena sesungguhnya iri dengki itu akan memakan kebaikan, sebagaimana api memakan kayu bakar.” (HR. Abu Daud).

Orang yang iri ini, sedih terhadap kelebihan yang terlihat dalam diri seseorang atau kebaikan yang mendapat pujian. Iri ini menimbulkan dendam kebencian.Ia tidak menyukai kemajuan yang dimiliki oranglain.
meskipun ia telah dikarunia Alloh swt kelebihan –-bahkan lebih banyak-- , ia tetap saja iri (tidak rela) bila Alloh swt berkenan memberikan kelebihan kepada orang lain atau orang-orang yang dikehendakiNya. Inilah orang yang hari-harinya tersiksa dan tersibukkan dengan kelebihan-kelebihan orang lain.

Penyakit iri memang sangat berbahaya, kebaikan yang kita susun dengan jerih payah bisa lenyap begitu saja, hanya karena iri hati itu ada pada diri kita. Untuk melenyapkannya, berdasar informasi yang kubaca salah satunya adalah dengan mengucapkan salam. Sebab ucapan salam bisa menumbuhkan rasa saling mencintai. Dan saling mencintai itu bisa melenyapkan iri hati. Sebagaimana sabda Rosululloh saw: “Telah merayap kepada kalian penyakit umat-umat terdahulu. Ia adalah pemangkas. Pemangkas dien (agama) dan bukan pemangkas rambut. Demi yang jiwa Muhammad berada dalam tanganNya, kalian semua tidaklah beriman, sehingga kalian saling mencintai. Maukah kalian aku beritahu sesuatu yang apabila kalian melakukannya kalian akan saling mencintai? Rosululloh saw bersabda: “sebarkanlah salam diantara kalian”. (HR Muslim).

Menurutku pribadi, ga ada ruginya bahkan beruntunglah orang yang bisa ikut berbahagia atas keberhasilan orang lain. Ucapkanlah" alhamdulillah semoga apa yang kamu peroleh membawa keberkahan dan kebaikan di dunia maupun di akhirat." Saat kita mengucapkannya, hati kita akan lapang dan Allah bertambah mencintai kita. Subhanallah, Allah, jadikanlah kami hambaMu yang jauh dari sifat iri dengki, ampunilah dosa kami yang masih ada setetes iri di hati kami, laahawla walaa quwwata illa billah. Disaat berdoa seperti itu, hati kita akan damai nyaman. Dan untuk mengikisnya lebih dalam, begitu banyak wadah majelis zikir untuk membersihkan hati kita.

Apakah yang harus dilakukan saat bertemu orang yang iri dengki atau sombong buat dosa dalaman dan tidak menjalankan syariat buat dosa luaran? Haruskah kita membencinya, bahkan kita ikut merasa lbh tidak sombong tidak iri dibanding dia? Doakanlah " Ya Allah ampunilah dosaku jika masih ada setetes kesombongan di hati ini, begitu juga dengan dia Allah..ampunilah dosanya ya Allah, bukakanlah pintu hatinya.lahawla walaa quwwata illa billah.

Dosa luaran dan dosa dalaman semuanya pada dasarnya adalah dosa yang harus dijauhi...bisa jadi kiamat tak lama lagi. Disaat itu tiba, mampukah kita mempertanggungjawabkan perbuatan kita di mata Allah. Apakah luaran dulu yang mau diperbaiki atau dalaman dulu yang diperbaiki atau secara simultan memperbaikinya secara bersama. Indikator sudah berhasil diperbaiki, tiada khawatir was2 dan gelisah..damai aman tentram sebagaimana terdapat pada surat Al Baqarah : 38 "Barangsiapa mengikuti petunjukKu, tiada rasa takut pada mereka dan mereka tidak pula bersedih hati". Apapun itu, semua perintahNya baik luaran dalaman adalah wujud kasih sayangNya, semuanya untuk kebaikan dunia akhirat. Yakinlah dibalik itu ada kado2 indah buat kita dariNya. There's nothing that Allah can't do. Except Allah never stop loving u. Allah mencintai prosesnya, bukan hasilnya. Wallahualambissawab.

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu alla ilaaha illa anta, astaghfiruka wa atubu illaik.

2 komentar:

Akhmad Muhaimin Azzet mengatakan...

Benar sekali, Mbak Eva Yulianti, bahwa dosa luaran maupun dosa dalaman sama2 penting untuk kita hindari. Jangan sampai kita memperhatikan diri agar tidak terpeleset ke dalam kubang dosa luaran, namun lupa sama kubang dosa dalaman. Sebab, kita pun terdiri dari "lahir" dan "batin". Makasih banyak ya, Mbak, postingan ini sungguh penting sekali.

Eva Yulianti mengatakan...

Alhamdulillah, suatu kehormatan mas Azzet berkenan mampir di blogku..
Dosa luaran lebih mudah dievaluasi..tp dosa dalaman kdg tak terdeteksi jika alarm jiwa dariNya tak berfungsi dengan baik.semoga kita bisa terus menguatkan sinyal lahir dan batin dari sebuah alarm jiwa yang "berbunyi kuat" namun menenangkan jiwa kembali.amiin..

maturnuwun sudah mengingatkan tentang kubangan dosa saudaraku..klo merasakan kubangan aku jd teringat disaat terjerembab dalam kubangan dosa.. sedangkan kekhilafan diri sungguh diri ini adalah hambaNya yang lemah, laahawla walaa quwwata illabillah.jika terjerembab, ayo qta bangun lagi meski tertatih-tatih merangkak meleleh-leleh dalam perjalanan pulang menujuNya..sesungguhnya DIA tersenyum gembira melihat kegigihan hambaNya yg tak henti2nya tuk terus merangkai asa meraba titik dan garis dalam rangka bertaqorrub ilallah. Ya Allah, ingatkanlah kami jika kami khilaf atau bersalah..ampunilah kami karena telah menzolimi diri kami sendiri... sayangilah kami dengan kasih sayangMu Yang Maha Luas tak bertepi..dan janganlah Allah, Kau tinggalkan kami sendirian tuk meneruskan perjalanan pulang menujuMu..Wahai Yang Maha Indah dengan segala keindahanMu..bersamaMu diri kami Kau kuatkan..lahawla walaa quwwata illa billah.. amiin
Ya robbal alamiin..

Diberdayakan oleh Blogger.

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "