NASIHAT BERHAJI OLEH SEORANG IBUNDA YANG KUKAGUMI..Ibu Rita Permadi Alibasyah

Ilmu berhaji from A to Z, fiqih maupun hakikat kucari.
Namun, ada kesan yang melekat saat kumemohon nasihat dari ibunda Rita Permadi Alibasyah, sosok bijak, sederhana, tawadhu, dan rendah hati.
Dari pengalaman haji yang dijalani beliau, sesungguhnya dalam segala kejadian yang dihadirkan-Nya, dihidangkan-Nya di depan kita, sesungguhnya disitulah maksud dari HIDANGAN-NYA..BEKAL..BEKAL..BEKAL..
Diharapkn dengan bekal hikmah yang didapat, mempermudah diri ini untuk menjaga 7 KOMITMEN setelah pulang kembali ke tanah air (jika Allah meridhoi). Wallahualam..tiada yang tahu.

Beliau juga mengingatkan, agar membatasi bicara, tidak lepas berzikir kepada-Nya. Subhanallah, memang ternyata qalbu saja yang bicara, itu akan lebih baik. Habluminannas namun tetap dikedepankan, dengan menimbang mudarat manfaatnya. Apalagi diri ini bersama ibuku tercinta, dalam menolong orang lainpun, aku harus meminta ijin kepada ibundaku. Akan kujaga betuul, perasaan dari ibundaku tersayang, semoga Engkau memberi-Ku jalan ya Robb.
Tidak perlu diri ini panjang angan2..seharusnya dengan KOMITMEN "TAHALUL"..stop panjang angan2, stop suk'udzon..stop dll. Membayangkan nanti siapa yang bakal susah bangun malam, tanpa sadar diri ini sudah qibr..merasa diri ini hebat sudah bisa bangun malam, sedang suamiku & ibundaku masih sulit. Padahal menurut beliau, seringkali di sana, berbalik 180 derajat, yang biasanya ada pada diri orang lain, bisa jadi malah perilaku ini yang terjadi pada diriku. (Ampuni aku ya Robb...tunjukilah aku ke jalan-Mu yang lurus).
Membayangkan ibundaku bakal bawel, mengatur-ngatur, dll, padahal bisa jadi nanti aku yang melakukan itu semua. AMpuni aku ya RObb..ampuni aku.. PERGI HAJI TANPA PERSEPSI APAPUN TENTANG ORANG LAIN...BECOME A ZERO PERSON.. PLEASE YA ALLAH..TOLONGLAH AKU..TOLONGLAH AKU..YA ROBB

Yang namanya Perbekalan, pastilah perlu dipersiapkan. Ibaratnya, ingin mengembara ke suatu tempat yang jauh, pastilah perlu disiapkan terlebih yang terpenting adalah bekal metafisik, yaitu keyakinan ilahiah, yaitu nuur..cahaya-Nya yang tercermin dari sikapku sehari-sehari. Semoga engkau mencukupkannya ya RObb..

IHRAM..bantulah aku ya Robb..untuk merasakan bahwa memang semua manusia itu sama di mata Engkau?

WUKUF DI ARAFAH...bantulah aku ya Robb..untuk selalu bertafakur..dimanapun kuberada..24 jam..seumur hidup..hingga ajal menjemput..seperti yang ada di surat AL A'raf : 179 - bahwa sesungguhnya, mata, telinga, hati dicipta-kan-Nya..kemudian dititip-kan-Nya untuk mengingat-Nya..melihat kebesaran-Nya.jika tidak, maka diri ini lebih sesat dari binatang ternak.. merasakan siapa AKU..siapa ENGKAU..siapa Rasul-Mu?..sehingga diri ini tau diri..jati diri seorang hamba Allah yang sebenarnya.

MABIT...bantulah aku ya Robb..untuk bisa hidup SECUKUPNYA, tidak berlebihan..tidak bermegah-megahan....namun selalu bersyukur atas segala apa yang Engkau berikan.

MELEMPAR JUMRAH... bantulah aku ya Robb..bimbinglah kami..agar bisa menghilangkan sifat-sifat buruk kami..karena setan itu ada di diriku..bantulah kami menghadang provokasi-provokasi setan dengan senjata keyakinan ilahiyah..yang tertanam di qalbu ini...diiringi doa yang membuat kami lebih taat kepada-Mu ya RObb..tolong aku..

TAHALUL..bimbinglah aku ya Robb.. untuk bisa membuang prasangka negatif..panjang angan..yang membuat diri ini menjadi lupa untuk melakukan hanya 3 hal di qalbu.. introspeksi.planning..tafakkur..

THAWAF..BIMBINGLAH KAMI YA ROBB..agar bisa mengkaitkan hati kami..hanya kepada-Mu..mengingat-Mu disaat duduk, berdiri dan berbaring..mengingat-Mu hati kami akan tentram..masuk kedalam lubuk hati yang terdala,..

SA'I..bimbinglah kami ya Robb..agar bisa senantiasa ikthiar maksimal seperti Siti Hajar yang 7 kali Safa Marwa mencari air..hanya untuk berharap keridhoan_Nya semata..tak kenal lelah..pantang mundur..pantang mengeluh..bimbinglah kami yg dhoif ini ya Robb... kaki kami menjejakkan ke bumi..bertumpus lumus..namun jiwa ini kuserahkan hanya kepada-Mu..bimbinglah kami ya Robb..


Ibunda Rita juga berpesan, akan begitu banyak provokasi-provokasi nafsu setan yang akan ada di hadapan kita..RASAKAN DENGAN QALBU..
BIARKAN NAHKODA DALAM DIRI INI ADALAH QALBU..
AKAL HANYA SEKEDAR MEMBANTU IKHTIAR..

JIKA QALBU RAPUH..SEMUA MASUK..ILAH2 DLL..

inga..INGA..inga..

0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "